• SMK KARTINI BATAM
  • Bisnis dan Manajemen, Kesehatan, Teknologi | Akreditasi A

ASISTEN KEPERAWATAN

 

SEJARAH PAKET KEAHLIAN ASISTEN KEPERAWATAN DI SMK KARTINI BATAM

SMK Kartini Batam memiliki 5 (lima jurusan) yaitu Teknik Pemesinan, Teknik Kendaraan Ringan, Akuntansi, Multimedia dan Asisten Keperawatan.

Untuk jurusan Asisten Keperawatan bermula dari buah pikiran Ibu Sri Soedarsono yang merupakan Ketua Yayasan keluarga Batam. Niat ini terwujud karena mengingat Yayasan keluarga Batam juga memiliki Rumah Sakit Budi Kemuliaan yang berdiri pada tanggal 8 Oktober 1984 yang diresmikan oleh Menteri Kesehatan RI yang bertujuan untuk membantu meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.

Rumah Sakit Budi Kemuliaan memiliki tujuan untuk meningkatkan peran sertanya dalam pembangunan kesehatan bangsa melalui pelayanan dan penyiapan sumber daya manusia yang potensial dalam bidang kesehatan. Dari latar belakang tersebut maka timbullah ide dari Ketua Yayasan Keluarga Batam untuk menghasilkan tenaga terampil khususnya dalam bidang keperawatan dengan membentuk jurusan Keperawatan pada tahun 2009 yang sekarang berubah namanya menjadi jurusan Asisten Keperawatan.

Pada tahun ajaran 2009-2010, SMK Kartini Batam untuk pertama kalinya menerima peserta didik baru dengan jumlah 31 orang dengan rincian 3 laki-laki dan 28 perempuan. SMK Kartini merupakan pelopor SMK Keperawatan di Kepulauan Riau. Memiliki ruang kelas yang memadai disertai Laboraturium Keperawatan dengan alat praktik yang cukup lengkap karena sebagian peralatan diperoleh dari  Rumah Sakit Budi Kemuliaan.

Pada tahun 2015 jurusan Keperawatan melaksanakan tahap Akreditasi dan mendapatkan nilai 96 dengan Akreditasi A.Dan menjadi satu-satunya SMK dengan jurusan Keperawatan yang sudah terakreditasi.

Keputusan Menteri no.490/1993 tentang Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan yang berisi bahwa “Dalam melaksanakan pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur yaitu Pendidikan Didalam Sekolah dan Pendidikan di luar sekolah’. Di SMK Kartini pendidikan di luar sekolah dikenal dengan PRAKERIND (Praktik Kerja Industri). PRAKERIND jurusan Keperawatan dilakukan di Rumah Sakit Budi Kemuliaan, Puskesmas Sei Panas, Puskesmas Lubuk Baja, Panti Jompo, Panti Asuhan dan sekolah TK dan Sekolah Dasar dengan harapan siswa mampu mempelajari pengetahuan dan keterampilan langsung dari lapangan.

 

VISI, MISI DAN TUJUAN PAKET KEAHLIAN ASISTEN KEPERAWATAN

 A. VISI

            Mewujudkan  Sumber  Daya Manusia  yang Terampil, Intelektual, Kompetitif Beriman, Bertaqwa dan Berkarakter di bidang  Pelayanan Kesehatan.

B. MISI

  1. Mengupayakan Tenaga Kerja Terampil dan Kompeten Di Bidang Asisten Keperawatan
  2. Menyiapkan Lulusan Ke Jenjang Yang Lebih Tinggi Untuk Mengembangkan Intelektual Dan Profesionalisme.
  3. Mengembangkan potensi dan keterampilan peserta didik dengan kreatifitas untuk mewujudkan lulusan yang kompeten di Bidang Asisten Keperawatan

C. TUJUAN

            Adapun Tujuan Program Keahlian Asisten Keperawatan adalah mempersiapkan peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap agar memiliki kompetensi :

  1. Memahami dan Melakukan Pemeriksaan Konsep Dasar Keperawatan, Anatomi dan Fisiologi, Komunikasi Keperawatan, dan Ilmu Kesehatan Masyarakat.
  2. Memahami dan Melakukan Pemeriksaan Keterampilan Dasar Tindakan Keperawatan, Kebutuhan Dasar Manusia, Ilmu Penyakit dan Penunjang Diagnostik.

 

 

Halaman Lainnya
PPDB 2021

Yuk Daftar ke SMK Kartini Batam Silakan kunjungi link berikut ini: http://bit.ly/ppdbsmkkartini2021  

19/01/2021 14:41 - Oleh Administrator - Dilihat 443 kali
PPDB 2021

Silakan klik link berikut ini: http://bit.ly/ppdbsmkkartini2021

19/01/2021 14:33 - Oleh Administrator - Dilihat 807 kali
GALERI FOTO

   

24/11/2020 09:54 - Oleh Administrator - Dilihat 902 kali
BASKET

   

23/11/2020 08:55 - Oleh Administrator - Dilihat 352 kali
OSIS

OSIS SMK Kartini Batam OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) adalah suatu organisasi yang berada di tingkat sekolah di Indonesia yang dimulai dari SMP, SMA, dan SMK. OSIS diurus dan dik

23/11/2020 08:49 - Oleh Administrator - Dilihat 457 kali